Sabtu, 21 Oktober 2023

Dandim Karanganyar Resmi Tutup TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2023 Di Jumapolo

KARANGANYAR — TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2023 Kodim 0727/Karanganyar di dusun Tanon desa Paseban kecamatan Jumapolo resmi ditutup oleh Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., di lapangan desa Paseban, Jumapolo, Kamis 19 Oktober 2023.

Adapun amanat Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono yang dibacakan oleh Dandim, bahwa program TMMD yang telah dilaksanakan selama lebih dari 8 dekade ini merupakan salah satu Program Bakti TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah-wilayah yang masih sangat membutuhkan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan dan di daerah terpencil.

Tentu saja TNI, dalam hal ini Kodam IV/Diponegoro, tidak dapat bergerak sendiri tanpa dukungan semua pihak. Untuk itu Pangdam mengucapkan terima kasih kepada para Prajurit, anggota Polri, Pemda, dan masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-118 Tahun Anggaran 2023.

Program TMMD ini juga dapat dijadikan sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong seluruh komponen bangsa, sekaligus untuk mewujudkan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat, sejalan dengan tema TMMD ke-118 tahun 2023 kali ini yaitu "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat".

Tema yang diambil ini mengandung makna, bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara.

Pada tahun ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar TMMD Reguler di beberapa Kabupaten di Jawa Tengah antara lain Kabupaten Brebes, Purworejo, Kendal, dan Wonogiri. Selain empat Kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara menyeluruh. 

Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat, yang telah bekerja secara maksimal, sehingga sasaran fisik TMMD yang berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya pengecoran jalan, pembuatan gorong-gorong, pembangunan talud, jembatan, pos kamling, rehab Mushola, dan gereja, serta Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dapat diselesaikan tepat waktu.

Pencapaian sasaran fisik tersebut juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik yang berupa penyuluhan beberapa materi, seperti kesadaran bela negara, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, etika budaya politik, kesehatan, pertanian, pendidikan, Wasbang, Narkoba, keagamaan, KB Kesehatan, lingkungan hidup, pengetahuan kemandirian pengelolaan SDM dan SDA, pelayanan publik dan kependudukan, ketahanan pangan, penanganan Stunting, Posyandu, Posbindu, dan kegiatan bakti sosial.

"Alhamdulillahirabbil- 'alamin", Program TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke-118 dan Sengkuyung Tahap III TA 2023, saya nyatakan secara resmi "ditutup". Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita sekalian dalam mengabdi kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dandim Karanganyar Menjadi Narasumber Wasbang Peresmian Desa Pancasila

KARANGANYAR — Sosialisasi pembinaan Ideologi Pancasila dan sekaligus peresmian Desa Pancasila, bertempat di Gedung pertemuan Mantep Karangpa...