Selasa, 24 Oktober 2023

Peresmian Gedung Baru UPT Laboratorium Kesehatan Kabupaten Karanganyar

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili Kepala Staf Kodim Mayor Chb Sutaryanta menghadiri peresmian gedung baru UPT Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Jum'at (20/10/2023). 

Dalam kesempatan tersebut Purwati., S.K.M.,M.Kes., selaku Kepala Dinas Kesehatan mengatakan, bahwa gedung laboratorium ini latar belakangnya dari PMK nomor 43 tahun 2013, tentang tata cara penyelenggaraan laboratorium klinis yang baik, yang mana semasa  pandemi covid 19 kemarin. Kementerian kesehatan memperhatikan kepada kabupaten Karanganyar, karena laboratorium kabupaten menjadi laboratorium yang tepat dalam menangani wabah dan pemeriksaan sampel pada saat adanya pandemi.

Sehingga kementerian kesehatan memberikan fasilitas kepada kabupaten dan memberikan anggaran di tahun 2022 kabupaten Karanganyar. Dan dimulai pembangunan tanggal 18 Juli 2022 selesai 14 Desember 2022.

Namun baru sekarang digunakan di tahun 2023, karena kita harus memindahkan sarana dan prasarana yang cukup rumit, dan setelah dipindah juga harus dipasang dengan cermat dan kita mulai pindahan di laboratorium  pada bulan Mei 2023. Dengan berjalannya waktu "Alhamdulillah semua sarana dan prasarana sudah bisa kita pasang semuanya dan bisa kita gunakan untuk pelayanan kepada masyarakat,"terangnya.

"Mohon do'a restunya bapak ibu semuanya, kedepan laboratorium ini akan jalankan fungsinya untuk laboratorium klinis dan bisa bekerjasama dengan BPJS. Sehingga bisa melayani pemeriksaan bagi CPNS maupun P3K ataupun MCU untuk pegawai ataupun masyarakat. Dan kami juga berharap kedepannya nanti untuk pemeriksaan haji bisa di laboratorium milik daerah kolaborasi dengan rumah sakit daerah itu harapan kami ke depan", tutup Purwati. 

Ditambahkan Juliyatmono Bupati Karanganyar mengatakan, atas nama pemerintah kabupaten Karanganyar sangat bersyukur mempunyai laboratorium, ini milik pemerintah kita gunakan untuk masyarakat dan bisa di percaya sama masyarakat Karanganyar. Kita bisa bekerjasama oleh semua pihak-pihak, agar dana general cek up dari pemerintah bisa digunakan di laboratorium yang ada di kabupaten Karanganyar ini. 

"Bupati juga berpesan agar betul-betul dijaga peralatan yang sudah ada, karena dengan alat yang bagus kepercayaan masyarakat terhadap laboratorium semakin meningkat. Semoga dengan terbangunnya laboratorium ini minimal bisa cek kesehatan disini", pungkasnya.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran TNI Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan

KARANGANYAR — Sebagai wujud peran aktif TNI dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah, Sertu Eko Prasetyo Babinsa desa Mojogedang anggo...