Selasa, 29 Maret 2022

Jabat Danrem Solo Yang Baru, Kolonel Inf Achiruddin Resmikan Kampung Pancasila Pertama Di Soloraya

KARANGANYAR - Pengukuhan Dusun Karangrejo RW 15 Desa Ngringo Jaten sebagai kampung Pancasila dilakukan oleh Danrem 074/ Warastratama Kolonel Inf Achiruddin dan jajaran Forkompinda Karanganyar, Senin 28 Maret 2022.

Danrem menyampaikan, salah satu tujuan dibentuknya kampung Pancasila ini untuk membentengi masyarakat agar tidak terpapar intoleransi. Menurut Danrem, intoleransi merupakan bibit awal radikalisme yang akan berkembang menjadi teror.

"Kita harus memberikan pemahaman, bahwa Pancasila adalah falsafah hidup bangsa yang ada sejak dulu. Itulah sebabnya kita bentuk kampung Pancasila,"jelasnya.

Dengan dibentuknya kampung Pancasila ini diharapkan masyarakat tetap dapat menjaga toleransi, sehingga tidak ada perpecahan di masyarakat. Kami dari TNI tetap memberikan dukungan terhadap kegiatan masyarakat ini. Kita juga berharap agar semua desa ada Kampung Pancasila,"tandasnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono menyatakan, kampung Pancasila ini diharapkan menjadi salah satu pelopor terbentuknya kampung Pancasila di desa lain.

"Tentu kita mendukung setiap gerakan masyarakat yang menjaga nilai-nilai Pancasila. Ini merupakan salah satu cara melindungi masyarakat dari paham yang bertentangan dengan Pancasila,"kata Bupati.

Terpisah, penggagas kampung Pancasila Dusun Karangrejo yang juga Ketua RW 15 Hendrato Widihatmanto menjelaskan, kondisi masyarakat yang heterogen menjadi salah satu alasan terbentuknya kampung Pancasila.

"Meski dengan latar belakang yang berbeda-beda, kita tetap satu. Dalam pergaulan masyarakat, kita selalu menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat. Konsepsi Pancasila kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,"jelasnya.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Patroli Di Pos Kamling Wilayah Binaan Sertu Mukti Himbau Prokes

KARANGANYAR - Dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat di wilayah binaannya, Babinsa desa Kebak anggota Koramil 03/Kebakkramat Sertu...