102 Sinden Meriahkan HUT ke 102 Kabupaten Karanganyar

Posted by kodimkaranganyar on November 08, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 102 Kabupaten Karanganyar sekaligus perayaan hari wayang sedunia, Drs. H. Juliyatmono, M.M., selaku Bupati Kabupaten Karanganyar, memanjakan warga masyarakatnya dengan menyuguhkan tontonan pagelaran wayang kulit. Pagelaran wayang kulit kali ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya, yaitu dengan mendatangkan tujuh belas Dalang sekaligus, dalam satu panggung untuk memamerkan keampuhannya, semalam suntuk, bertempat di alun-alun Karanganyar, Kamis malam (07/11/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama, S.Sos, Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendi Bupati Kabupaten Karanganyar serta Forkopimda Kabupaten Karanganyar menyaksikan dan memeriahkan pagelaran wayang kulit tersebut.

Dari tujuh belas Dalang kondang tersebut, yang paling menjadi perhatian para warga adalah Ki Manteb Sudarsono. Disamping usianya yang sudah cukup tua, Beliau juga merupakan Dalang paling terkenal di tingkat Internasional. Tujuh belas Dalang tersebut nantinya akan diiringi oleh seratus dua sinden, dalam mendukung terlaksananya pergelaran wayang kulit. Tidak sampai disitu saja, bintang tamu pelawak kondang dari Jawa Timur " Cak Precil " juga ikut memeriahkan pagelaran wayang kulit.

Pentas tujuh belas Dalang dalam satu panggung tersebut mengangkat lakon ”Sang Bima". Para penonton mulai terhipnotis, ketika Ki Manteb Sudarsono mulai memainkan wayang. Karena dalang satu ini memang merupakan sosok Dalang yang terkenal piawai dengan sabetannya. Ditambah lagi dengan bintang tamu pelawak kondang, Cak Percil dan Lusi Cs, siap mengocok perut penonton, hingga tertawa terbahak-bahak.

Pakeliran wayang pun bertambah megah, ketika seratus dua sinden menarik suaranya secara bersamaan dengan diiringi gending dari grup karawitan. 

(Tr-Pendim 0727/Kra)