Sertu Sumaryo Bantu Petani Mengolah Lahan Sawah di Desa Binaannya

Posted by kodimkaranganyar on November 29, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Babinsa Koramil 12/Jumapolo Sertu Sumaryo melaksanakan pendampingan kepada petani, dalam mengolah lahan sawah seluas kurang lebih 4000 m2 guna percepatan tanam berikutnya. Aksi bajak sawah dengan peralatan mesin itu dilakukan di lahan sawah milik bapak Sugianto, dusun Ngrandu RT 03 RW 01 desa Karangbangun, kecamatan Jumapolo, kabupaten Karanganyar. Kamis (28/11)

Sertu Sumaryo mengatakan, pengolahan lahan pertama menggunakan traktor, dengan cara ini dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah.  Kemudian setelah dilakukan pembajakan dengan alat traktor, lahan didiamkan satu minggu, supaya rumput membusuk menjadi humus, dan berubah sifat fisik tanahnya, selanjutnya tinggal diratakan dengan cangkul agar menjadi datar dan melumpur.

Lapisan tanah yang semula keras di balik menjadi gembur dan melumpur, dilanjutkan dengan penggaruan sambil di airi, sehingga lahan sawah benar - benar siap untuk di tanami padi. Melalui pengolahan lahan yang baik dan benar maka sesuai di tanami padi akan tumbuh berkembang.

“Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati, yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air, sehingga dapat menghemat air,” ujarnya.

Pendampingan ini sebagai bagian dari upaya khusus ketahanan pangan, sekaligus wujud nyata keseriusan para Babinsa dalam mendukung dan mensukseskan swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah,"tutupnya.

(12-Pendim 0727/Kra)