Pelda Joko Hadiri Rapat Perencanaan Pelayanan Program BKKBN Kecamatan Mojogedang

Posted by kodimkaranganyar on November 08, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar – Kapten Cpl Bambang Danranmil 05/Mojogedang yang diwakili Pelda Joko (Batuud) menghadiri rapat perencanaan pelaksanaan program BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), bertempat di Balai Penyuluhan KB kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar. Rabu (06/11/2019)

Progam KB (Keluarga Berencana) merupakan suatu usaha pemerintah untuk mengatur jumlah dan jarak antara kehamilan anak, guna meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan keluarga.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BKKBN Kec. Mojogedang Untung menyampaikan, bahwa Metode KB Jangka Panjang (MKJP) untuk warga belum maksimal. Untuk itu diperlukan sinergitas dari beberapa pihak, dalam mengatasi pertumbuhan penduduk di wilayah kecamatan Mojogedang.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Mojogedang menuturkan, bahwa MKJP merupakan alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda kehamilan, serta menghentikan kesuburan yang digunakan dengan jangka panjang, yang meliputi IUD (alat kontrasepsi dalam rahim), implan dan kontrasepsi mantap.

Kepala puskesmas menambahkan bahwa pelayanan KB dan KR ini, merupakan upaya pemerintah dalam memberikan kemudahan pelayanan yang berkualitas, khususnya di era JKN. “Jadi di era JKN ini, tidak ada paksaan dalam pelayanan KB. Semua masyarakat harus mendapatkan informasi KB, mulai dari manfaatnya dan keuntungannya. Masyarakat berhak tahu jenis alat kontrasepsi, baik itu KB IUD, Implant, suntik, pil, kondom, maupun pelayanan metode operasional wanita dan pria,” jelasnya.

Pada kesempatan yang diberikan, Pelda Joko mengajak agar Kepala Desa dan Kepala instansi yang membidangi masalah terkait, supaya menghimbau warganya agar tetap menjaga keharmonisan di lingkungannya. Batuud juga mengajak untuk meningkatkan keamanan dan mempererat tali silaturohmi sesama warga, untuk menciptakan dan menjaga suasana aman dan kondusif di Mojogedang, “pungkasnya.

(05-Pendim 0727/Kra)