Melalui Pembinaan Teritorial Terpadu Kodim Karanganyar Membentuk Generasi Muda Yang Tangguh

Posted by kodimkaranganyar on November 28, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Untuk membentuk generasi muda yang tangguh dan lebih bermartabat, Kodim 0727/Karanganyar melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap Pramuka Saka Wira Kartika, bertempat di SMK Negeri Jenawi, Selasa (26/11/19). Kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka pembinaan teritorial terpadu Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kodim Karanganyar.

Tema yang diusung dalam Binter terpadu tersebut adalah "Memberdayakan Wilayah Pertahanan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang Yang Tangguh".

Dalam sambutannya Danramil 10/Jenawi Kapten Inf Bambang Tiyas berpesan, " Supaya siswa-siswi SMK Negeri Jenawi harus selalu disiplin disetiap melaksanakan kegiatan. Karena kedisiplinan itu sebagian dari kunci di dalam meraih keberhasilan. Disamping itu, siswa-siswi sekalian harus ulet dan pantang menyerah dalam menghadapi suatu cobaan. Karena seorang Saka Wira Kartika itu memiliki jiwa-jiwa yang bermental baja.

Kepala seksi pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Karanganyar Hartoko selaku pemateri bencana alam juga menambahkan, bahwa definisi bencana adalah peristiwa atau rangkaian yang mengancam dan mengganggu kehidupan, serta penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam atau non-alam maupun faktor manusia. Sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Ada juga yang berpendapat, bencana adalah suatu gangguan serius terhadap berfungsian suatu masyarakat. Ssehingga menyebabkan kerugian yang meluas pada kehidupan manusia dari segi materi, ekonomi atau lingkungan dan yang melampaui kemampuan masyarakat yang bersangkutan untuk mengatasi dengan menggunakan sumberdaya mereka sendiri,”pungkasnya.

(Tr-Pendim 0727/Kra)