Selasa, 08 November 2022

Dandim Karanganyar Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Ke 105 Kabupaten Karanganyar Tahun 2022

KARANGANYAR - Bertempat di Plasa Alun-alun kabupaten Karanganyar Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Pagelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Memperungati Hari Jadi Ke 105 Kabupaten Karanganyar Tahun 2022, Senin 07 November 2022.

Bupati Juliyatmono MM menggelar pentas wayang kulit serentak di 17 kecamatan, serta menampilkan 1.785 sinden. Uniknya lagi, lakon pentas wayang di 17 kecamatan tersebut juga sama, yakni "Parikesit Jumeneng Ratu".

Yang membikin heboh, pentas wayang tersebut juga menampilkan seniman dan pelawak kondang dari berbagai daerah, termasuk Joklithik dan Joklithik dari Jawa Timur.

Sedangkan jumlah dalang yang dikerahkan di 17 kecamatan bervariasi, di mana setiap kecamatan antara 3-4 dalang. Namun jumlah sinden seragam, yakni 105 orang di tiap kecamatan, sehingga jumlah total sinden sebanyak 1.785 orang,"terangnya.

Tak pelak dengan pentas wayang serentak warga Kabupaten Karanganyar merasa terhibur, apalagi puncak pementasan digelar di kompleks Alun-alun Karanganyar.

Ditambahkan Juliyatmono, peringatan HUT Karanganyar tahun 2022 digelar semeriah mungkin untuk menghibur masyarakat pasca pandemi Covid-19.

Selain itu, beraneka macam kegiatan yang digelar tersebut juga untuk membangkitkan semangat masyarakat sesuai slogan daerah yakni Karanganyar Maju dan Berdaya Saing.

"Gelaran seperti ini, selain untuk menghibur masyarakat juga untuk membangkitkan spirit masyarakat dan menggerakkan multiplier effect perekonomian masyarakat,"ungkap Bupati.

Bupati juga mengingatkan, bahwa puncak hiburan rakyat Karanganyar juga akan digelar pentas musik terbuka di Alun-alun Karanganyar dengan menampilkan Deny Caknan.

"Harapan kami pada puncak HUT Karanganyar 18 November merupakan puncak hiburan rakyat Karanganyar,"pungkas orang nomor satu di kabupaten Karanganyar tersebut.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembuatan Pompa Hydraulic Ram Pump Di Wilayah Jenawi Program KASAD

KARANGANYAR - Dalam Pembuatan Pompa Hydraulic Ram Pump (hidram), sumur bor serta pipa penyaluran air secara gravitasi/non listrik mengusung ...