Minggu, 06 November 2022

Pentingnya Penguatan Bela Negara Bagi Generasi Muda

KARANGANYAR - Kodim 0727/Karanganyar menggelar kegiatan penguatan bela Negara bagi generasi muda. Adapun tema yang diusung kali ini yaitu, "Mewujudkan Pembinaan Teritorial TNI-AD Yang Adaptif Melalui Kegiatan Penguatan Bela Negara Bagi Generasi Muda Untuk Menumbuhkan Cinta Tanah Air, Semangat Nasionalisme Dan Menanamkan Kembali Nilai-Nilai Luhur Pancasila Yang Sudah Mulai Luntur", di Garasi Makodim, Jum'at 04 November 2022.

Pada kesempatan tersebut Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., mengatakan, pertahanan negara adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Kegiatan penguatan bela negara bagi generasi muda dirasakan sangat perlu di era sekarang ini, guna menumbuhkan kembali rasa nasionalisme dan melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila yang sudah mulai luntur di kalangan generasi muda penerus bangsa. Pada kondisi masa kini, pemahaman dan pengamalan Pancasila sudah mulai luntur, maka ideologi Pancasila harus didengungkan kembali terutama kepada generasi muda penerus bangsa.

"Pada kondisi saat ini masyarakat terutama generasi muda sudah sangat jauh dari nilai-nilai luhur Pancasila, dan pembinaan ideologi Pancasila sudah sepatutnya untuk dihidupkan kembali sebagai tameng generasi penerus bangsa, hal itu agar tidak lupa dengan nilai-nilai luhur Pancasila.

Apalagi saat ini generasi muda atau generasi milineal menjadi incaran untuk melunturkan nilai-nilai dari ideologi Pancasila. Maka dari itu Kodim 0727/Karanganyar telah menyusun kegiatan penguatan bela negara bagi generasi muda, untuk menumbuhkan sikap nasionalisme dan menanamkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

Adapun tujuan dari kegiatan penguatan bela negara bagi generasi muda dilaksanakan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, semangat nasionalisme dan patriotisme serta menanamkan kembali luhur-luhur Pancasila di kalangan generasi muda, guna menangkal berbagai ancaman terutama yang berkaitan dengan ideologi negara demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Akhirnya marilah kita memohon semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat taufik dan hidayahnya kepada kita sekalian dalam mengisi dan melanjutkan cita-cita perjuangan negara dan Bangsa Indonesia yang sangat kita cintai ini,"pungkas Dandim.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembuatan Pompa Hydraulic Ram Pump Di Wilayah Jenawi Program KASAD

KARANGANYAR - Dalam Pembuatan Pompa Hydraulic Ram Pump (hidram), sumur bor serta pipa penyaluran air secara gravitasi/non listrik mengusung ...