Jumat, 04 November 2022

Pembinaan Jaring Mitra Karib Kodim 0727 Karanganyar

KARANGANYAR – Silaturahmi bersama mita karib, Kodim 0727/Karanganyar menyelenggarakan kegiatan pembinaan jaring mitra karib triwulan IV tahun 2022, dengan mengambil tema "Mewujudkan Pembinaan Teritorial Tni-Ad Yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Di Wilayah Guna Mengoptimalkan Deteksi Dini, Cegah Dini, Temu Cepat Dan Lapor Cepat Bagi Aparatur Komando Kewilayahan", Kamis 03 November 2022.

Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P, pada kegiatan tersebut mengatakan, tugas pokok TNI dapat dilakukan dengan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) melalui "Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Dan Pendukungnya Secara Dini Sesuai Dengan Sistem Pertahanan Semesta". Pemberdayaan wilayah petahanan diselenggarakan secara dini dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara. Untuk mewujudkan kondisi yang tangguh berupa kondisi dinamis masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dari segala bentuk ancaman diantaranya separatisme, terorisme, radikalisme, konflik komunal, isu politik, provensial dan lokal, maka setiap aparat komando kewilayahan harus memiliki kemampuan "Temu Cepat Dan Lapor Cepat".

Kemampuan apkowil dalam temu cepat dan lapor cepat merupakan salah satu bentuk dari kecepatan mendeteksi suatu permasalahan yang timbul di wilayah, agar dapat diantisipasi dengan pengambilan keputusan yang tepat melalui kegiatan pembinaan jaring mitra karib.

Pembinaan jaring mitra karib yang dilaksanakan oleh Kodim Karanganyar merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi permasalahan di wilayah seperti tersebut di atas. Selain itu, kegiatan pembinaan jaring mitra karib juga diharapkan dapat memberikan data yang update sebagai bahan  pertimbangan dalam pengambilan keputusan pimpinan, serta dapat membentuk jaringan/network yang luas guna kepentingan pertahanan dan keamanan di wilayah.

Kegiatan yang dilaksanakan bersifat pembinaan secara terus menerus dengan melibatkan segenap komponen masyarakat sebagai mitra karib, sehingga mitra karib dapat memberikan data, keterangan atau informasi yang akurat dan bermanfaat dalam mendukung pelaksanaan pembinaan teritorial di wilayah,"terangnya.

Ditambahkan Dandim tujuan kegiatan ini untuk menjalin terlaksananya pembinaan jaring mitra karib di satuan Kodim 0727/Karanganyar, sehingga tercipta deteksi dini, cegah dini serta sistem temu cepat dan lapor cepat di kalangan apkowil, guna menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh di wilayah.

Kepada para mitra karib yang telah hadir pada acara ini marilah kita memohon, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat taufik dan hidayahnya kepada kita sekalian dalam mengisi dan melanjutkan cita-cita perjuangan Negara dan Bangsa Indonesia yang sangat kita cintai ini,"pungkas Letkol Army.(Tr-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembuatan Pompa Hydraulic Ram Pump Di Wilayah Jenawi Program KASAD

KARANGANYAR - Dalam Pembuatan Pompa Hydraulic Ram Pump (hidram), sumur bor serta pipa penyaluran air secara gravitasi/non listrik mengusung ...