Kamis, 10 November 2022

TMMD Sengkuyung Tahap III Resmi Ditutup Dandim 0727 Karanganyar

KARANGANYAR - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P. menjadi irup pada Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2022 bersama Forkopimda kabupaten Karanganyar, di lapangan desa Jatikuwung kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Rabu 09 November 2022.

Dandim Letkol Army nengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak, diantaranya para anggota TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat yang selama satu bulan, sejak tanggal 11 Oktober sampai dengan 09 November 2022 saling bahu membahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD Sengkuyung Tahap III ini. 

Kita ketahui bersama, TNI AD melaksanakan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sejak tahun 1980-an dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kodam IV/Diponegoro sebagai bagian dari TNI AD, melalul program TMMD Reguler dan Sengkuyung berupaya membantu Pemerintah Daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di daerah-daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal), perbatasan, daerah kumuh perkotaan maupun daerah yang dilanda bencana alam.

Pada tahun 2022 ini, Kodam lV/Diponegoro menggelar program TMMD Reguler ke-115 secara tersebar di Kabupaten Cilacap, Gunungkidul, Jepara, dan Kota Semarang. Saya bangga, berkat kerja sama dan kerja keras para anggota TNl-Polri, Pemda dan masyarakat, sasaran fisik TMMD berupa pembangunan/rehab infrastruktur berupa jalan, jembatan, saluran irigasi, renovasi rumah ibadah, sekolah, rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni serta pembangunan sarana sanitasi warga dapat terselesaikan.

Selain itu, sasaran non fisik berupa sosialisasi terhadap stunting, pembekalan terhadap Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM), penyuluhan Bela Negara, bahaya Narkoba, pertanian, peternakan, kesehatan dan lain-lain, juga dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana.

Program sasaran non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka memperkokoh jiwa, dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui maraknya penyalahgunaan Narkoba, aksi terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas serta isu bangkitnya kembali paham komunisme dan radikalisme, yang semuanya dapat mengancam stabilitas Ketahanan Nasional Indonesia.

Kegiatan TMMD ini merupakan wujud kepedulian Kodam IV/Diponegoro terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, guna mewujudkan Indonesia yang kuat, sesuai dengan  tema TMMD Sengkuyung Tahap lll TA 2022 yaitu " TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI ".(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serka Maryadi Pantau Penggilingan Padi Di Wilayah Binaannya

KARANGANYAR — Dalam rangka meningkatkan swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah bekerjasama dengan TNI, Serka Maryadi Babinsa Des...