Rabu, 09 November 2022

Penghijuan Penanaman Pohon Dan Buah Serta Pohon Lainya Di Embung Bayu Kuwung Anggarmanis

KARANGANYAR – Bertempat di desa Anggrasmanis kecamatan Jenawi kabupaten Karanganyar diadakan penghijuan dengan penanaman pohon dan buah serta pohon lainya di Embung Bayu Kuwung Anggarmanis.

Jenis Pohon yang ditanam seluruhnya berjumlah  5000 batang yaitu pohon durian 900 batang, jambu mete 950 batang, klengkeng 800 batang, jengkol 500 batang, mangga 100 batang, sengon 800 batang, trembesi 800 batang, pucuk merah 50 batang, ketapang 50 batang, plamboyan 50 batang.

Hadir dalam kegitan tersebut Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., Camat Jenawi Sunarto, Polsek Jenawi IPDA Purwanto, Danramil 10/Jenawai Lettu Kav Paniyo, Pasiter Kodim 0727/Karanganyar Kapten Inf Achuwat dan relawan serta masyarakat sekitarnya, Rabu 08 November 2022.

Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P mengatakan, Kita semua tahu tanaman pohon mempunyai fungsi sangat penting untuk pengaturan tata air, pencegahan bahaya dan erosi. Dalam kenyataannya banjir, namun perusakan dan gangguan terhadap kawasan hijau dari tahun ke tahun terus meningkat.

Kerusakan sumber daya alam tersebut, antara lain disebabkan oleh pemanfaatan lahan yang kurang intensif, menyempitnya lahan pertanian, pertambahan penduduk yang relatif tinggi, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan yang relatif rendah (terutama pada masyarakat pedesaan).

Oleh karena itu, upaya untuk menanggulangi berbagai ancaman terhadap pelestarian kawasan hijau perlu dilakukan secara berkesinambungan serta bersifat menyeluruh. Penghijauan bukan saja semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan juga menjadi tanggung jawab kita bersama. 

Selanjutnya kami berharap pohon buah-buhaan yang telah ditanam ini agar bisa tumbuh dengan baik untuk masa depan anak cucu kita. Karena bertumbuhnya pohon bukan hanya menahan banjir dan longsor, akan tetapi menjadi sumber kehidupan dengan memberikan oksigen kepada manusia,"pungkas Dandim.(Aw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...