Kamis, 17 November 2022

Sosialisasi Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Kabupaten Karanganyar Tahun 2022

KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Karanganyar menyelenggarakan Sosialisasi Pemberdayaan Organisasi yang diikuti kurang lebih seratus dua puluh lima (125) ormas di wilayah Kabupaten Karanganyar di Gedung DPRD Karanganyar. Rabu (16/11/22)

Kegiatan yang mengusung tema "Pemantapan Peran dan Fungsi Ormas dalam Kehidupan Bermasyarakat" menghadirkan beberapa narasumber diantaranya : Bupati Karanganyar Juliyatmono, Dandim 0727 Karanganyar Letkol Inf Andry Army Yudha Arditama, S.I.P, Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo, Kejaksaan Negeri Karanganyar diwakili Kasi Intel Bayu, SH serta diikuti 125 Ormas meliputi Ormas Keagamaan, Pemuda, Purnawirawan, Wanita, Relawan, Umum.

Laporan Panitia penyelenggaraan, Eka Mardiyanta mengatakan Maksud Organisasi kemasyarakatan dalam Kemajuan pembangunan di Kabupaten Karanganyar yang bertujuan : Memperbanyak ruang publik untuk kegiatan pemberdayaan organisasi kemasyarakatan, Memperkuat jaringan sosial untuk mengantisipasi perkembangan global dari respon dinamika perkembangan zaman yang ada saat ini.

Adapun materi yang disampaikan antara lain : Fungsi dan peran Ormas dalam meningkatkan kehidupan sosial kemasyarakatan oleh Bupati Karanganyar, Peran Ormas dalam mewujudkan keamanan dan solidaritas masyarakat oleh Kapolres Karanganyar, Peran ormas dalam penguatan kebangsaan dan nasionalisme di masyarakat Komandan kode 0727 Karanganyar, Peran aktif dari organisasi kemasyarakatan dalam pengawasan sosial di dalam masyarakat Kepala Kejaksaan Negeri Karanganyar

Sementara itu Sambutan Bupati Karanganyar diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten karanganyar Bambang Sutarmanto menyampaikan Berdasarkan data Kementerian dalam Negeri, hingga Juni 2022 tercatat 512.999 Ormas di Indonesia.

Menurutnya, banyaknya jumlah Ormas tersebut merupakan potensi besar bagi bangsa dalam mewujudkan cita cita nasional. Ormas memiliki tanggung jawab untuk memberdayakan masyarakat, terjun langsung kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan sosial, penyalur aspirasi, pemeliharaan dan pelestarian norma dalam kehidupan masyarakat.

Lebih lanjut ia juga mengatakan ormas merupakan salah satu pemangku kepentingan (stakeholder) penting dan strategis dalam pemberdayaan masyarakat bermitra dengan Pemerintah dalam mewujudkan tujuan bangsa dan negara.

Pada kesempatan tersebut pihaknya mengucapkan serta mengapresiasi atas terjalinnya hubungan kemitraan yang baik antara Ormas-ormas di Kabupaten Karanganyar dengan Pemerintah Daerah selama ini dalam mendukung program pembangunan di kabupaten Karanganyar.

"Semoga hubungan baik ini dapat terus terjaga dan terus meningkat demi terwujudnya masyarakat kabupaten Karanganyar yang semakin maju dan sejahtera," harapnya.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembuatan Pompa Hydraulic Ram Pump Di Wilayah Jenawi Program KASAD

KARANGANYAR - Dalam Pembuatan Pompa Hydraulic Ram Pump (hidram), sumur bor serta pipa penyaluran air secara gravitasi/non listrik mengusung ...