Jumat, 21 Juni 2019

Antisipasi Hama, Babinsa Desa Pandeyan Dampingi Penyemprotan Tanaman Padi Petani

Kodim Karanganyar - Untuk mengantisipasi serangan hama atau penyakit pada tanaman padi, Babinsa Desa Pandeyan Koramil 02/Tasikmadu Sertu Joko Haliyanto melaksanakan pendampingan  penyemprotan tanaman padi di dusun Cabean Desa Pandeyan Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (16/06/2019).

Penyemprotan tanaman padi jenis Mikongga di lahan seluas 2900 m milik bapak Sumino dengan menggunakan satu unit handsprayer dan mendapatkan pendampingan dari Babinsa setempat.

Dilakukannya penyemprotan pada tanaman padi tersebut dengan tujuan untuk menjaga tanaman agar terhindar dari segala gangguan hama, sehingga pertumbuhannya tetap optimal yang pada akhirnya dapat memproduksi hasil panen yang maksimal. Gangguan tersebut bisa datang dari Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) berupa serangan hama dan penyakit, adanya gulma, dan lain-lain.

Sertu Joko Haliyanto mengatakan, waktu penyemprotan yang baik, pada pagi hari yaitu ketika air embun mulai hilang dan sebelum terik matahari menyengat atau antara pukul 08.00 WIB hingga menjelang pukul 11.00 WIB.

Saat matahari menyengat wereng akan bersembunyi, sehingga kesulitan untuk kontak dengan insektisida. Untuk itu, jangan menyemprot saat panas terik dan kering, atau saat angin sangat kencang dan bila akan turun  hujan,”terangnya.

(02-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serka Maryadi Pantau Penggilingan Padi Di Wilayah Binaannya

KARANGANYAR — Dalam rangka meningkatkan swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah bekerjasama dengan TNI, Serka Maryadi Babinsa Des...