Jumat, 14 Juni 2019

Peran Babinsa Sebagai Motivator Para Petani

Kodim Karanganyar - Babinsa Sertu Medi Triwibowo Koramil 02/Tasikmadu melaksanakan pendampingan penyiangan rumput disawah bapak Wagiman dusun Kaling RT.01/RW.01 desa Kaling kecamatan Tasikmadu kabupaten Karanganyar. Jumat (14/6)

Rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri. Akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat.

“Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari,” kata Bintara Pembina Desa saat mendampingi petani di Desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Sertu Medi juga melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian dalam rangka penyiangan padi. Adapun tanaman padi tersebut sudah umur padi mikongga pada usia tanam 1 bulan dengan luas lahan 3300m. Tanaman padi yang ditumbuhkan harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal.

Bapak Wagiman selaku pemilik sawah menuturkan, bangga kepada Babinsa yang membantu para petani. Dia mengatakan, pekerjaan cepat terselesaikan, meski panas menyengat namun semangat Babinsa luar biasa.

“Kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa semata-mata karena merupakan tugas pokok dan upaya khusus pertanian. Peran Babinsa ini sebagai motivator, agar para petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya di sawah,” kata Sertu Medi.

Upaya Babinsa ini merupakan terobosan baru dalam usaha pendampingan, pihaknya (Babinsa) akan terus mengawal sampai tiba musim panen, sehingga program pemerintah terkait swasembada pangan akan tercapai. Meski sampai saat ini target tersebut belum 100 persen selesai.

(02-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serka Maryadi Pantau Penggilingan Padi Di Wilayah Binaannya

KARANGANYAR — Dalam rangka meningkatkan swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah bekerjasama dengan TNI, Serka Maryadi Babinsa Des...