Selasa, 25 Juni 2019

Dengan Pompa Sumur Bor Petani Airi Sawah

Kodim Karanganyar - Curah hujan yang kian hari semakin berkurang mengakibatkan areal pertanian yang ditanami padi di Dusun Derman Desa Karangmojo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar kekurangan pasokan air.  Kondisi ini membuat para petani harus bekerja keras untuk mengatasinya, agar tanaman padinya tetap hidup. Salah satu solusinya dengan melakukan pengairan menggunakan diesel pompa air dari sumur bor yang ada di areal pertanian.

Seperti yang dilakukan bapak Widodo dusun Derman melakukan pengairan lahan seluas 3.300 m, dengan menggunakan diesel pompa air. Kegiatan pengairan sawah tersebut didampingi Babinsa Desa Karangmojo Sertu Purwanto. Kamis (20/06/2019)

Saat dilokasi Sertu Purwanto menyampaikan, bahwa tanaman padi varietas Mikongga saat ini dalam masa pertumbuhan, sehingga banyak memerlukan pasokan air. Apabila kebutuhan air saat ini tidak tercukupi akan mengakibatkan kegagalan panen, dengan itu petani akan mengalami kerugian.

Masih menurut Sertu Purwanto saat musim kemarau tiba, kita tidak bisa mengandalkan irigasi pertanian. Namun harus mengairi lahan sawah secara mandiri dengan menggunakan mesin diesel pompa air, sehingga tanaman padi tidak mengalami kekurangan air.

“Bila kebutuhan air pada tanaman tercukupi, maka tanaman akan tumbuh dan berkembang secara normal. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian”,  jelasnya.

(02-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serka Maryadi Pantau Penggilingan Padi Di Wilayah Binaannya

KARANGANYAR — Dalam rangka meningkatkan swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah bekerjasama dengan TNI, Serka Maryadi Babinsa Des...