Cegah Dini Terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan di Gunung Lawu

Posted by kodimkaranganyar on Oktober 10, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Untuk menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang lebih dikenal dengan sebutan " Karhutlah ", khususnya di wilayah Kabupaten Karanganyar. Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar, TNI, Polri dan Elemen Masyarakat menggelar rapat koordinasi, bertempat di ruang Wira Pratama I Polres Karanganyar, Rabu (9/10).

Dalam rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama, S.Sos., yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim Mayor Inf Suwarko, Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendi, SIK.MH., Kasatpol PP Kurniadi dan elemen masyarakat, diantaranya yaitu Rimba Lawu, Lawu Trail Community, Anak Gunung Lawu, Relawan Karangpandan dan Relawan Cetho.

Kapolres Karanganyar mengungkapkan, kita sama-sama mempunyai tanggung jawab di Kabupaten Karanganyar dalam menjaga Gunung Lawu yang kita miliki ini. Perlu kita ketahui bersama, bahwa tidak semua daerah memiliki gunung. Oleh karena itu, kita wajib bersyukur, karena Karanganyar memiliki gunung lawu. Apalagi gunung Lawu ini merupakan termasuk gunung yang Sakral. Bahkan para pendakinya pun tidak hanya dari Jawa dan luar luar Jawa, dari Turis Asing pun banyak yang mendaki Gunung Lawu.

"Oleh karenanya, kami berharap kepada rekan-rekan yang hadir disini agar selalu menjaga kondusifitas Gunung Lawu. Mari kita sama-sama menjaga, supaya Gunung Lawu aman dari kebakaran, akibat dari tangan-tangan jahil. Kalau sempat terjadi kebakaran tentu hutan kita akan menjadi gundul. Apabila bila hujan kita gundul, tentu akan mudah sekali terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Disamping itu, juga sangat berpengaruh terhadap kebersihan udara ", ujarnya.

Dalam kesempatan itu Mayor Inf Suwarko menambahkan, bahwa perlu diadakanya patroli ke lahan-lahan dan hutan di Gunung Lawu. Dengan adanya patroli tersebut, kita bisa sambil mengadakan sosialisasi kepada masyarakat, terkait dampak dari pembakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Lawu. Sehingga masyarakat akan lebih paham dan mengerti,”pungkasnya.

(Tr-Pendim 0727/Kra)