Jumat, 04 Oktober 2019

Gotong Royong Anggota Kodim Karanganyar Resik - Resik Susur Jogo Kali Pepe

Kodim Karanganyar - Kapten Inf Suratman Pasiops Kodim 0727/Karanganyar mewakili Komandan Kodim  0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama, S. Sos., pimpin langsung “Resik - Resik Susur Jogo Kali Pepe, Sabtu (28/09/19).

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menyampaikan Resik - Resik Susur Jogo Kali, 
meminta agar kelurahan yang wilayahnya dilintasi Kali Pepe untuk membersihkan sampah di sungai. Langkah tersebut sebagai upaya mengantisipasi banjir saat musim hujan.

“Setiap pekan kami keliling menyusuri Kali Pepe. Kalau ditemukan ada sampah di sungai langsung memberi tahu Lurah, agar menerjunkan orang untuk membersihkan sampah,”ujar Rudiatmo.

Pemerintah  selama ini juga membersihkan sampah secara swadaya bersama masyarakat dan pemerintah kelurahan. Dalam menjaga kebersihan Kali Pepe, perlu adanya fungsi kontrol dari media dan masyarakat.

“Hasil pemantauan disejumlah titik Kali Pepe, sampah menumpuk di tikungan aliran sungai. Di salah satu lokasi, sampah juga tampak menumpuk akibat permukaan air yang rendah dibandingkan arah aliran lebih tinggi,”.

Sampah di Sungai Pepe, sebagian besar berasal dari sampah rumah tangga yang terbawa arus dari aliran sungai wilayah hulu menuju ke hilir. Pemerintah kecamatan tidak bisa sendirian dalam menangani sampah di sepanjang Kali Pepe.

“Ya kami butuh kerjasama dengan kecamatan lain dalam penanganan sampah di Kali Pepe, agar sampah tidak dibuang di sungai, lagi,” tegasnya.

(Lam-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jalankan 5M Untuk Mencegah Penyebaran Covid 19

KARANGANYAR - Upaya memutus penyebaran Virus Covid 19 di wilayah kecamatan Mojogedang, anggota Koramil 05/Mojogedang Sertu Sugianto melaksan...