Sosialisasi Pembentukan Karakter Anak Agar Siap Menghadapi Tantangan Masa Depan

Posted by kodimkaranganyar on Oktober 15, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar – Dalam membentuk karakter anak usia dini, Babinsa Koramil 05/Mojogedang Serda Suwardi mengikuti sosialisasi pendidikan karakter yang benar orang tua dalam mendidik anak, di Balai Desa Mojoroto Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Senin (14/10/2019).

Dikatakan dari Nara Sumber sekaligus Psikolog Eri Prasetya, SH, M, Psi. ada empat pola asuh anak yang benar, diantaranya kita sebagai orang tua harus:

Pertama menjadilah sahabat atau teman untuk anak, perhatikan ketika anak berubah. Hal terpenting adalah cara orang tua mendidik anak, memberikan makanan yang baik, memberikan petunjuk atas kesalahan yang dilakukan, dan bagaimana orang tua melindungi anak dalam proses tumbuh kembangnya.

Kedua jadilah motivator atau spirit, gunakan bahasa yang baik apabila minta sesuatu seperti tolong, terimakasih dan maaf. 

Ketiga Jadilah selimut hati, ajarkan anak fokus, 

Keempat jadilah ibu yang anggun dan bapak yang bijaksana, cantik hati, sabar, sebagai seorang ibu atau bapak bukan untuk di takuti tetapi untuk disegani anak,” jelas Ery Prasetya.

Ery juga mengungkapkan, jangan suka membanding bandingkan  anak satu dengan anak yang lain, penyebab degradasi moral. Karena pola asuh anak yang salah dan terlalu keras mendidik anak dapat menimbulkan dampak Psikologi anak menjadi temperamen, mutungan, suka membuli, kepribadian keras, begitu juga kalau sering dimanja anak akan tumbuh tidak percaya diri, sulit dewasa dan prestasi belajar jauh.

Kemudian terlalu banyak aturan, anak akan tidak berkembang, belajar terpaksa,”pungkasnya.

(05-Pendim 0727/Kra)