Melalui TMMD Kita Optimalkan Berbagai Program Kegiatan Lintas Sektoral Guna Membantu Penanggulangan Kemiskinan

Posted by kodimkaranganyar on Oktober 03, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar – Dalam upaya mengurangi kemiskinan, Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono saat pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0727/Karanganyar di desa Salam, kecamatan Karangpandan menyampaikan amanat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, “bahwa Kita berikan beasiswa bagi anak dari keluarga miskin. Kita bantu pembangunan untuk RTLH. Kita berikan jamkesda untuk yang non kuota, dan kita berikan pendampingan serta pemberdayaan bagi pelaku UMKM dan para kadang tani. Program ini yang harus disengkuyung bareng - bareng.

Kedepan kita harapkan, RTLH perlu ditingkatkan jumlah unit-unitnya, baik melalui stimulan APBN, APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota maupun CSR dengan didukung swadaya masyarakat. Begitu pula akses jamban masyarakat harus terus diperhatikan dan ditingkatkan pula. Masyarakat tidak boleh lagi BAB sembarangan. Ajak masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, termasuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai - sungai. Ini perilaku yang tidak sehat dan membahayakan kelestarian lingkungan.

Pada akhirnya melalui TMMD ini, mari kita optimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral guna membantu penanggulangan kemiskinan, pengangguran dan penyelesaian PR-PR kita lainnya di Jawa Tengah. Kita ingin desa-desa di Jateng makin maju dan mandiri, dengan tetap mempertahankannya sebagai sebuah entitas unik, dengan kearifan lokal yang selalu terjaga. Desane maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakate komplet, SDM makin berkualitas unggul, mandiri, punya spiritualitas tinggi, nggak ada narkoba, kreatif dan inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat.

“Lan sing ora kalah penting, kabudayane tansah les tari . Itu baru luar biasa. Saatnya kita lanjutkan karya bhakti dan pengabdian pada Ibu Pertiwi. Bersama kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat  perdesaan di negeri ini,”pungkas Juliyatmono.

(Pendim 0727/Kra)