Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 08 Tawangmangu Tingkatkan Patroli

Posted by kodimkaranganyar on Oktober 11, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan rawan kebakaran, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08 Tawangmangu Kodim 0727 Karanganyar Serma Firman dan Sertu Parno meningkatkan patroli, serta sosialisasi kepada masyarakat wilayah binaan yang bermukim di sekitar hutan lindung Tawangmangu, kabupaten Karanganyar. Kamis (10/10/2019)

Sejak pagi, Serma Firman dan Sertu Parno Patroli hutan lindung kawasan TWA (Taman Wisata Alam) Grojokan Sewu bersama Polsek Tawangmangu, Polhut, relawan, ormas MTA, Ketua dan karyawan PT. Duta Tawamgmangu

“Kecamatan Tawangmangu merupakan daerah perbatasan antara jawa tengah dan jawa timur, yang masih terdapat lahan hutan lindung sangat luas. Hutan tersebut saat ini sebagian sudah mulai mengering, sehingga menjadi kerawanan sangat tinggi terhadap terjadinya kebakaran lahan,” ujar Serma Firman.

Dalam melaksanakan patroli, pihaknya bersama personel lainnya tak henti-hentinya melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga masyarakat, khususnya yang bermukim dekat lahan tersebut. Diharapkan masyarakat turut menjaga dan mencegah agar tidak membakar lahan kosong dengan alasan apapun. Apabila ditemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkan kepada petugas terkait, utamanya dengan Babinsa yang ada di wilayahnya.

Bayaknya lahan kering akibat musim kemarau dan banyaknya aktifitas di wilayah Tawangmangu yang dijadikan tempat pariwisata dan perkemahan, maka dinas terkait di bantu oleh Polsek dan Koramil Tawangmangu ekstra menggiatkan patroli bersama. Tidak hanya itu pengunjungpun dihimbau agar tidak membuang puntung rokok yang masih menyala di sembarang tempat,”tegas Babinsa.

(08-Pendim 0727/Kra)