Kamis, 20 Juli 2023

TMMD Gentungan, Dinas Pertanian Sosialisasikan Penguatan Pertanian Organik

KARANGANYAR — Adanya kerjasama di bidang pertanian yang telah terjalin sejak beberapa tahun lalu dengan TNI dalam mewujudkan ketahanan pangan menjadikan program di bidang pertanian menjadi salah satu prioritas pada pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 117 yang digelar di aula balai Desa Gentungan Kecamatan Mojogedang, Kamis 20 Juli 2023.

Keterlibatan anggota TNI di bidang pertanian diharapkan mampu menjadi penggerak masyarakat untuk mensukseskan program pemerintah. Selain di bidang infrastruktur desa kegiatan prioritas lainnya salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat petani dalam pengolahan pupuk organik.

Sutiman dari Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar mengungkapkan, saat ini masyarakat sudah mulai kembali sadar dan mengerti pentingnya menghindari bahan-bahan kimia untuk dikonsumsi, baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan diri sendiri ataupun juga untuk ikut menjaga kesehatan lingkungan dan alam dalam jangka panjang. Begitupun juga penggunaan pupuk kimia yang kini mulai dihindari, karena ternyata memiliki dampak jangka panjang yang kurang baik. Maka sekarang hasil pertanian organik pun mulai kembali naik daun dan mendapatkan tempat. 

Dihadiri kurang lebih 50 orang yang terdiri dari aparat desa, anggota TNI, anggota kelompok tani berserta karangtaruna diadakan pembinaan mengenai dampak penggunaan pupuk kimia, manfaat penggunaan pupuk organik.

Dengan adanya pembinaan yang berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat petani untuk konsisten meningkatkan penggunaan pupuk organik dalam usah taninya. Meningkatnya penggunaan pupuk organik diharapkan tingkat kesuburan tanah dapat terjaga serta dapat menjaga kelestarian lingkungan.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bantu Petugas, Babinsa Plosorejo Dampingi Posyandu

KARANGANYAR — Pelayanan Posyandu merupakan kegiatan kesehatan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas, dengan tu...