Jumat, 11 Agustus 2023

Dansatgas Laporkan Hasil Pelaksanaan Program TMMD Reguler Ke 117

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P. selaku Dansatgas TMMD Reguler 117, melaporkan singkat hasil pelaksanaan program TMMD reguler ke 117, Kepada Kepala Staf Kodam IV/Diponegoro Brigadir Jenderal TNI Ujang Darwis, pada upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 yang telah dilaksanakan sejak satu bulan yang lalu, di desa Gentungan, kecamatan Mojogedang, Kamis 10 Agustus 2023.

Program Bakti TNI guna mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Program TMMD yang mulai dilaksanakan sejak tahun 1980-an dimana dulunya dikenal dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD) yang manfaatnya sangat dirasakan bagi masyarakat khususnya bagi yang tinggal di daerah pedesaan. Selanjutnya tujuan secara umum diselenggarakannya TMMD ini adalah untuk membantu program Pemerintah Daerah dalam percepatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur serta penanganan permasalahan sosial masyarakat di wilayah terpencil, terpelosok, dan kawasan perbatasan.

Kepala Staf Kodam IV/Diponegoro Brigadir Jenderal TNI Ujang Darwis mengungkapkan TMMD Reguler ke-117 tahun 2023 Kodim 0727/Karanganyar di desa Gentungan kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar kali ini mengangkat tema "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat". Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan fasilitas umum dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

TMMD Reguler tahun ini diselenggarakan di beberapa Kabupaten di Jawa Tengah antara lain Kabupaten Banyumas, Kulonprogo, Grobogan, dan Karanganyar. Selain empat Kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung atau imbangan sebagai tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara menyeluruh. 

Selama kurang lebih satu bulan para Prajurit Kodam IV/Diponegoro, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat saling bahu-membahu, tanpa mengenal lelah berupaya menyelesaikan program TMMD ke-117. Kebersamaan ini merupakan bentuk sinergitas yang positif dalam menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat, yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik TMMD yang berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya pengecoran jalan, rehab Pos Kamling, Mushola, jambanisasi, pembuatan pintu air, sumur galian, dan saluran tersier, serta Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dapat diselesaikan tepat waktu.

Pencapaian sasaran fisik tersebut juga diimbangi dengan pencapaian hasil pada sasaran non fisik yang berupa penyuluhan beberapa materi, seperti kesadaran bela negara, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, kesehatan, pertanian, pendidikan, Wasbang, Narkoba, keagamaan, KB Kesehatan, lingkungan hidup, pengetahuan kemandirian pengelolaan SDM dan SDA, pelayanan publik dan kependudukan, ketahanan pangan, penanganan Stunting, Posyandu, Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM), UMKM, dan kegiatan Bhakti Sosial seluruh sasaran diatas dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Libur Lebaran Anggota Koramil Tawangmangu Melaksanakan Komsos Di Wisata Grojogan Sewu

KARANGANYAR — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Tawangmangu Kodim 0727/Karanganyar Serka Parno bersama Serda Anang melaksanakan Komu...