Jumat, 11 Agustus 2023

Penutupan TMMD ke-117 Ditandai Pemukulan Kentungan Oleh Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Ujang Darwis

KARANGANYAR — TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-117 Kodim 0727/Karanganyar di desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang resmi ditutup, Kamis 10 Agustus 2023. 

Acara penutupan dihadiri langsung Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV Diponegoro Brigjen TNI Ujang Darwis serta melibatkan berbagai instansi masyarakat yang menyaksikan keberhasilan program TMMD. Dalam kesempatan itu, Brigjen TNI Ujang Darwis, berharap program TMMD bisa bermanfaat dan hasilnya dapat dirasakan masyarakat, khususnya warga di pedesaan.

"Selanjutnya tujuan secara umum diselenggarakannya TMMD ini adalah untuk membantu program pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur serta penanganan permasalahan sosial masyarakat di wilayah terpencil, terpelosok, dan kawasan perbatasan," jelasnya.

TMMD ke-117 mengangkat tema 'Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat'. Tema ini mengandung makna TNI bersama pemerintah daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan fasilitas umum dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Kebersamaan ini merupakan bentuk sinergitas positif dalam menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara," papar Brigjen Ujang Darwis
Sementara itu, penyelesaian pembangunan jalan sepanjang 800 meter sekitar area persawahan di Desa Gentungan menuju Umbul Setumpeng diapresiasi. Proyek ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian warga, khususnya dari sektor pertanian. TMMD juga melaksanakan kegiatan nonfisik seperti penanganan stunting dan antinarkoba.

Total anggaran digelontorkan untuk pelaksanaan TMMD Reguler ke-117 sebesar Rp1,69 miliar. Anggaran ini bersumber dari Mabes TNI, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah, APBD Karanganyar, dan swadaya masyarakat.

Selain itu, ada beberapa kegiatan nonfisik, seperti pengelolaan desa wisata, penyuluhan kesehatan, pengolahan sampah rumah tangga, penguatan pertanian organik, hingga penyuluhan bahaya terorisme.

Sementara itu, Wakil Bupati Karanganyar, Rober Cristanto, mengatakan Gentungan termasuk salah satu desa penghasil beras organik di wilayah Kabupaten Karanganyar. Ada pula beberapa wisata edukasi yang ada di Desa Gentungan, seperti Embung Setumpeng dan Lembah Dongde.
"Adanya TMMD ini memberikan dukungan supaya akses pertanian lancar dan hasil pertanian dapat diangkut dengan lancar," pungkasnya.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komsos Dengan Petani Babinsa Kragan Ingatkan Petani Waspada Pencurian

KARANGANYAR — Serda Ali Mahfud Babinsa Desa Kragan anggota Koramil 17/Gondangrejo, melaksanakan pemantauan wilayah binaan dilanjutkan Komsos...