Senin, 14 Agustus 2023

Penanaman Pohon Dalam Rangka Menyambut HUT RI Ke 78

KARANGANYAR — Dalam Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, Kodim 0727/Karanganyar jajaran Korem 074/Warastrama dibawah komando Kodam IV/Diponegoro melakukan penanaman pohon. Bakti lingkungan ini juga termasuk bersih-bersih pantai, sungai, sampai fasilitas umum seperti pasar dan terminal.

Kegiatan yang disebut karya bakti ini dilakukan serentak oleh seluruh personel TNI-AD yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (14/8).

Secara simbolis, ada sebanyak 14 pohon tabebuya yang ditanam oleh Pangdam Mayjen TNI Widi Prasetijono berserta seluruh staf di tepi Lapangan Parade Kodam IV/Diponegoro.

Mayjen Widi menyebutkan aksi peduli lingkungan ini memiliki makna yang mendalam. Tak seperti biasanya yang dilakukan di banyak tempat.

Secara filosofis, aksi yang dilakukan ribuan tentara ini merupakan upaya menyongsong hari kemerdekaan dengan lingkungan yang bersih. "Kenapa dibersihkan? Biasanya tempat-tempat itu menjadi berkumpulnya kotoran-kotoran yang selama ini sulit terjangkau," ujarnya.

Jenderal bintang dua itu mengatakan, tanam ribuan pohon yang dilakukan jajarannya juga punya arti tersendiri selain penghijauan. "Ajakan menanam ini baik karena memberikan manfaat untuk kita semua. Selain nanti ada yang tumbuh rindang juga berbuah dapat kita nikmati," katanya

Dalam kesempatan tersebut, Mantan Danjen Kopassus itu juga membagikan 9.500 paket sembako kepada masyarakat sekitar.

Bakti sosial (baksos) tersebut juga ditujukan ke keluarga yang beresiko stunting. Termasuk kepada sejumlah keluarga besar tentara hingga veteran sebagai bentuk penghormatan. "Ini hanya kegiatan untuk mengisi Hari Proklamasi Kemerdekaan. Saya berharap bisa dikembangkan menjadi kegiatan yang lebih besar lagi," tuturnya.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H Kenalpot Brong Dan Ratusan Miras Dimusnahkan

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., bersama Forkopimda Karanganyar memusnahkan seju...