Senin, 21 Agustus 2023

Meriahnya Lomba Anak Anak Di Kodim 0727 Karanganyar

KARANGANYAR — Sambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, Kodim 0727/Karanganyar mengadakan perlombaan, namun peserta lomba adalah anak anak usia paud sampai dengan kelas 3 SD dan ibu ibu Persit. Jenis lomba anak anak hari ini adalah balap karung, lari balok, makan kerupuk, lari kelereng diatas sendok, menggiring bola dengan terong, dan menangkap belut.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya selaku Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama
mengucapkan selamat datang kepada segenap peserta lomba, semoga kegiatan ini bermanfaat, khususnya bagi anak-anak dalam menuangkan bakat dan minatnya terhadap berbagai bidang yang dilombakan. 

Latar belakang dilaksanakannya kegiatan lomba ini adalah sebagai bentuk rasa syukur, bangga dan bahagia menyambut Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 tahun 2023, yang kemudian diwujudkan dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat seperti ini. 

Sebagai orang tua, kita tentu menyadari bahwa anak-anak sering dihinggapi perasaan jenuh, bosan dan kehilangan semangat atau gairah terhadap sesuatu hal yang bersifat rutin. Oleh sebab itu, diharapakan melalui kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk lomba ini, anak-anak akan lebih terpacu dalam berprestasi.

Satu hal prinsip yang perlu disadari adalah dalam sebuah perlombaan, semata-mata bukan ditujukan untuk meraih juara atau kemenangan sehingga harus mengorbankan apa saja demi kemenangan tersebut, melainkan perlombaan itu kita jadikan sarana untuk menggugah semangat dan gairah, sehingga anak-anak dapat bermain sambil belajar tanpa terikat oleh rutinitas yang menjenuhkan. 

Memang dalam setiap perlombaan, kita tidak dapat menghindarkan dari kemenangan ataupun kekalahan. Akan tetapi semua itu bukanlah tujuan utama yang harus diraih, namun lebih ditujukan kepada mengenalkan anak supaya bisa lebih mandiri dan menerima suasana baru yang menyenangkan. 

Sedangkan bagi orang tua yang putra-putrinya ikut berlomba, hikmah yang dapat dipetik dalam kegiatan ini adalah mampu mengukur kemampuan anak sampai dimana kemampuan yang dimiliki. Sehingga kedepan si anak dapat dibina dan diarahkan lagi agar lebih berprestasi. 

Hal penting lain yang perlu saya sampaikan adalah kebesaran hati kita untuk menerima 
kekalahan dan sekaligus mengakui dan menghormati prestasi atau kelebihan yang dipunyai oleh orang lain. Apabila kita sudah mampu untuk menempatkan diri pada posisi tersebut maka apabila kita mempunyai anak yang belum mampu berprestasi dengan baik, tidak akan menimpakan kesalahan tersebut hanya kepada anak-anak kita, namun kita perlu mengoreksi diri sendiri, sudahkan
kita memberikan yang terbaik sebagai orang tua bagi kemajuan putra-putri kita, yang selanjutnya pengalaman ini akan menjadi cambuk bagi kita untuk mempersiapkan masa depan dengan baik. 

Sebelum mengakhiri sambutan ini, kiranya perlu saya sampaikan kepada segenap peserta lomba, untuk bisa melaksanakan dan mengikuti perlombaan ini dengan penuh semangat, kecintaan dan rasa tanggung jawab.

Sebab hanya dengan semangat, kecintaan dan rasa tanggung jawab itulah, kalian akan menghasilkan prestasi yang baik dan hal ini tentunya akan sangat mengharukan dan sekaligus membanggakan bagi orang tua kalian semua.

Selain itu, kepada para orang tua peserta
lomba, khususnya Ibu-Ibu anggota Persit KCK Cab XLVIII, tiada lain yang perlu dilaksanakan sejak dini adalah mempersiapkan masa depan dan meningkatkan kualitas anak-anak kita sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang dapat dibanggakan.

Akhirnya kepada anak-anaku sekalian, saya
ucapkan selamat bertanding, raih prestasi setinggi-tingginya namun jangan lupa junjung tinggi jiwa sportivitas. Demikian sambutan saya pada kesempatan ini, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk-Nya kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan Negara tercinta.(Lam-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Danramil Karanganyar Sambut Kedatangan Jama'ah Haji Kabupaten Karanganyar

KARANGANYAR — Sambut kedatangan jemaah haji asal kabupaten Karanganyar di masjid Madaniyah kecamatan Karanganyar kabupaten Karanganyar. Angg...