Antisipasi Bencana Pemda Karanganyar Adakan Simulasi Penanggulanagan Bencana

Posted by kodimkaranganyar on April 28, 2019 with No comments
Karanganyar - Puluhan Anggota Kodim 0727/ Karanganyar yang di pimpin oleh Kapten Cpl Bambang S.p Danramil 05/Mojogedang mengikuti Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Perempuan Menjadi Guru Siaga Bencana, Rumah Menjadi Sekolahannya, Mari Berpartisipasi dan Sukseskan, Jum'at 26 April 2019 sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Acara ini dilaksanakan di areal Kantor Bupati Karanganyar. Jum'at (26/4)

Wakil Bupati Karanganyar H. Rober Christanto S.E, menyampaikan "Guna lebih mempersiapkan warga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengadakan gladi/simulasi penanggulangan bencana kebakaran. Tujuannya, jika sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran masyarakat sudah siap untuk mengantisipasinya.
“Gladi penangulangan bencana kebakaran ini untuk mempersiapkan warga masyarakat, agar bisa cepat dan tanggap jika bencana kebakaran terjadi. Gladi mencakup evakuasi, penanganan korban, tenda darurat dan dapur umum,” terang Robert.

Ditambahkan Robert dengan peralatan yang makin baik, diharapkan bisa semakin mudah untuk mengevaluasi para korban bencana dan mengurangi korban meninggal dunia.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Karanganyar, Bambang Jatmiko,  mengatakan pelatihan sehari itu diikuti dari BPBD dan relawan SAR yang ada di Kabupaten Karanganyar.

Simulasi ini untuk membangun kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana serta mengimplementasikan ilmu yang didapat, guna pelaksanaan penanggulangan becana di wilayah masing-masing,”ungkap Bambang saat dilokasi.

 (Lam-Pendim 0727/Kra)