Danramil Jaten Pastikan Pelaksanaan Netralitas TNI Dan Kesehatan Anggota

Posted by kodimkaranganyar on April 09, 2019 with No comments
Kodim 0727/Karanganyar - Pelaksanaan apel pagi dihalaman Koramil 04 Jaten dipimpin langsung oleh Kapten Kav. Dwi Wahyu C Danramil 04 Jaten. Dalam pengarahannya Danramil 04 Jaten memastikan seluruh anggotanya menerima Buku Saku Netralitas TNI sebagai panduan wajib Tentara Nasional Indonesia (TNI) agar bersikap netral dalam pemilihan umum, baik pemilu anggota legislatif maupun pemilu presiden. Sikap netral dan tidak memihak akan dilaksanakan secara konsisten dan bertanggung jawab oleh setiap anggotanya, disamping itu seluruh anggota Koramil 04 Jaten dilarang menjadi juru kampanye serta larangan lain yang sudah diatur di dalam peraturan perundang-undangan.

Netral adalah tidak berpihak, tidak ikut, atau tidak membantu salah satu pihak. Dan yang dimaksud dengan netralitas TNI yakni TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.
Khusus bagi keluarga prajurit TNI (istri/suami/anak), hak memilih merupakan hak individu selaku warga negara. Dalam hal ini, institusi atau satuan dilarang memberi arahan di dalam menentukan pelaksanaan dari hak pilihan tersebut.

Lebih lanjut Kapten Kav. Dwi Wahyu C menambahkan bahwa Apel pagi wajib dilaksanakan setiap hari, guna pengecekan personil maupun untuk menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari ini, selain itu juga dimanfaatkan untuk mengecek kesehatan anggota karena hal terpenting yang pertama adalah sehat karena dengan sehat kita dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, menjaga kekompakan dan meraih kesuksesan”. Pungkas Kapten Kav. Dwi Wahyu C.

(04-Pendim 0727/Kra)