Menggali Potensi Kreatifitas Anak Melalui Seni Lukis

Posted by kodimkaranganyar on April 22, 2019 with No comments
Karanganyar - Aktifitas anak - anak dalam mengedepankan aspek imajinasi, originalitas ide, kepekaan rasa dan skill pada usia dini harus kita bina sejak awal, itulah kegiatan yang dilaksanakan oleh Babinsa Berjo Serka Fajar Pamungkas anggota Koramil 09/Ngargoyoso pada acara seni lukis mewarnai untuk anak - anak sambil berwisata/berekreasi yang bertempat di Obyek Wisata Jumok desa Berjo Kec. Ngargoyoso, Karanganyar. Minggu (21/4)

Kreatifitas dan kemampuan seni melukis/mewarnai sejak usia dini adalah  merupakan imajinasi kemampuan melatih otak, yang nantinya akan membentuk karakter manusia  ke hal-hal yang positif serta bermanfaat dimasa yang akan datang. Hal tersebut akan memberikan aspek edukatif kepada anak, mengerti akan arti pentingnya lingkungan hidup yang hijau, asri dan sehat bagi kehidupan melalui ketrampilan melukis dan mewarnai.

Wilayah binaan Babinsa desa Berjo merupakan daerah wisata alam yang masih religi, ditambah dengan kegiatan edukatif, kreativitas secara kompetatif dan spontan oleh para pemuda dan pemudi desa Berjo, guna mendorong pertumbuhan serta perkembangan potensi diri anak-anak terhadap kepekaan imajinasi,  kematangan berkreatif dan kemampuan inovasi sambil berwisata di air terjun Jumok. Sehingga nantinya akan dapat menjadikan bekal masa depan anak yang cerdas. Maka dari itu kepada orang tua untuk selalu mendampingi putra dan  putrinya dalam belajar seni lukis/mewarnai pada usia dini, agar kemampuan dari anak tersebut dapat dipantau dan dikembangkan,”ucap Fajar.

Dari hasil cipta kreatifitas anak usia dini nantinya akan dapat memperkaya perbendaharaan bentuk, originalitas ide dan inovasi karya cipta seni melukis, cipta lagu dan design motif hias (batik) yang berkualitas serta memiliki keunikan sebagai ciri khas budaya nusantara. Dan juga dapat meningkatkan citra positif dunia seni bagi anak-anak sebagai bagian dari nilai-nilai kearifan lokal budaya bangsa Indonesia.

(09-Pendim 0727/Kra)