Babinsa Kodim 0727 Karanganyar Wajib Memiliki Buku Putih

Posted by kodimkaranganyar on April 08, 2019 with No comments
Karanganyar - Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama, S.Sos, menegaskan, posisi TNI netral di Pilpres 2019. Dengan itu, Dandim memberikan Buku Putih Netralitas TNI. Buku itu sebagai pedoman TNI dalam menjaga Netralitas TNI pada Pemilu Pilpres dan Pileg yang akan dilaksanakan tanggal 17 April 2019. Dengan adanya buku putih tersebut, diharapkan TNI Kodim Karanganyar khususnya Babinsa dapat memahami, mempedomani, dan melaksanakan Netralitas TNI sesuai dengan pedoman buku putih tersebut. Senin (08/4)

Dandim menegaskan bahwa “Implementasi tidak terlibatnya TNI dalam kegiatan politik praktis ialah sikap netralitas TNI, yaitu TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis atau dengan kata lain TNI tidak berpihak, tidak ikut, dan tidak membantu slah satu pihak.
Mengingat begitu pentingnya sikap netralitas TNI dalam Pemilu maka pedoman "Netralitas TNI" harus benar-benar dipahami, dihayati, dan diimplementasikan secara utuh dalam kehidupan prajurit TNI.

"Berkaitan dengan pemetaan daerah rawan dalam pemilu, kami TNI bersandar pada pemetaan daerah rawan yang sudah dilakukan oleh Bawaslu. Jadi daerah mana yang rawan, apa kerawanannya, dan bagaimna penanganan kerawanannya kami bersandar pada peta kerawanan yang sudah dibuat Bawaslu," tandasnya.

Pegang teguh komitmen netralitas dan jati diri TNI dengan tidak terlibat politik praktis serta tingkatkan kemanunggalan dengan rakyat," tegas Dandim.

(Pendim 0727/Kra)