Saling Menguntungkan Antara Pengepul dan Petani

Posted by kodimkaranganyar on Juli 01, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Tidak hanya mendampingi petani padi saja, akan tetapi Babinsa Koramil 08/Tawangmangu Kopka Sujaed turut serta dalam mendampingi petani sayur bapak Sugiono dalam menjual hasil tanaman wortel pada seorang pengepul yang ada di wilayah desa binaannya yaitu  desa Blumbang, kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (29/06/19) siang.

Pengepul harus bermodal besar dan ini menjadi ladang bisnis mereka, karena bisa membaca potensi dan juga memiliki kekuatan modal yang kuat, baik itu uang yang tersedia, maupun memiliki armada angkutan mencukupi, termasuk jaringan pembeli jika produknya masuk ke pasar induk atau pasar desa dimana produk tersebut dijual.

Seorang pengepul harus berani menanggung resiko akan produk yang dibelinya, dia pun harus mampu membaca dengan baik, kapan harga naik dan kapan harga turun. Makanya seorang pengepul disamping punya modal kuat, dia juga harus siap memberikan sebagian modalnya kepada petani jika persaingan para pengepul semakin kompetitif.

"Ya kalau membeli sayuran pada petani yang pantaslah, jangan cuman mementingkan hasil yang besar tapi tidak memperhatikan untung rugi petani. Yang jelas jangan terlalu jauh dari harga pasaran, jangan sampai harga di pasar 2 (dua) kali lipat lagi, pada intinya yang jelas sama - sama menguntungkan antara pengepul dan petani, terang Babinsa pada pengepul sayur.

(08-Pendim 0727/Kra)