Peran Babinsa Dalam MPLS Siswa Baru

Posted by kodimkaranganyar on Juli 19, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan sekolah setiap awal tahun ajaran, hal itu untuk menyambut kedatangan para peserta didik baru yang biasa dijumpai di tingkat SMP dan SMA hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah, tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Tak hanya pihak guru dan anggota OSIS, tapi Babinsa juga berperan dalam MPLS kali ini tepatnya di SMP Negeri 1 Jaten Kabupaten Karanganyar, Serka M. Atim (Bamin Tuud) dan Sertu Pulungan (Babinsa desa Jetis) yang merupakan anggota Koramil 04 Jaten melaksanakan perannya dalam MPLS dengan memberikan materi tentang wawasan kebangsaan kepada siswa baru di SMP tersebut.

MPLS dapat dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali silaturahmi. Semua siswa harus memahami tentang Wawasan Kebangsaan, hal ini sangat penting. Karena merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya rasa cinta tanah air dan menjaga persatuan Indonesia, dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekolah,” Jelas Sertu Pulungan.

"Anggota TNI-AD khususnya Babinsa harus memiliki kemampuan serba bisa dimanapun berada, sekalipun disekolah Babinsa dapat menyampaikan tugasnya dengan baik yaitu memberikan pendampingan MPLS dengan materi wawasan kebangsaan, disampaikan dengan cara yang kreatif, edukatif dan menyenangkan. Sehingga mudah untuk diterima semua kalangan siswa," Ujar Danramil Jaten Kapten Cba Suryanto.

(04-Pendim 0727/Kra)