Malam Tirakatan Warnai Peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia

Posted by kodimkaranganyar on Agustus 18, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Masyarakat yang berada di Pedesaan maupun di Kota semuanya pada menggelar malam tirakatan. Begitu pula Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama, S.Sos, bersama dengan Bupati Kabupaten Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, MM., juga melaksanakan malam tirakatan di gedung rapat paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar, Jum'at malam (16/8).

Bupati menyampaikan bahwa bulan Agustus adalah bulan yang penuh sejarah bagi bangsa Indonesia. Kali ini, berbagai acara maupun kegiatan dirancang dalam upaya mengobarkan semangat cinta tanah air dan wawasan kebangsaan, serta memupuk persatuan di kalangan masyarakat. Seluruh masyarakat dengan penuh semangat melakukan pemasangan umbul-umbul, menaikkan bendera Merah Putih, melaksanakan Malam Tirakatan seperti malam ini.

Saya berharap semua dilakukan dalam koridor semangat gotong royong. Semangat hidup bersama saling hormat menghormati, menjaga kerukunan dan persatuan dalam naungan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas nikmat kemerdekaan yang sudah kita rasakan selama 74 tahun, serta berterima kasih kepada para pahlawan, sesepuh dan pinisepuh atas semua jasa mereka. Sebagai wujud terima kasih, marilah kita semua berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan mengukir prestasi di semua bidang yang kita geluti.

Kita songsong masa depan dengan sikap optimis dan pikiran yang positif demi "Berjuang Bersama Memajukan Karanganyar" sejalan dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019 kali ini yaitu "SDM Unggul Indonesia Maju".

Demi meneruskan perjuangan para pahlawan pendahulu kita, maka kita harus senantiasa menggelorakan dan mematrikan nilai-nilai jiwa semangat juang 45 ke dalam jiwa dan sanubari kita yaitu:
1) Merdeka, merdeka atau mati, sekali merdeka tetap merdeka.
2) Lebih baik mati dikalang tanah daripadahidup dibawah telapak kaki penjajah.
3) Rawe-rawe rantas malang-malang putung.
4) Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe.
5) Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh .

Melalui nilai-nilai jiwa semangat juang '45, kita semua berharap akan mampu menumbuhkan sikap heroik, patriotik, nasionalis sebagai sebuah bangsa,"Pungkas Juliyatmono.

(Tr-Pendim 0727/Kra)