Peran TNI Dalam Membina Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama

Posted by kodimkaranganyar on Agustus 08, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Komando Rayon Militer (Koramil) 03/Kebakramat Kapten Inf Tohar mewakili Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama, S.Sos., memberikan wasbang pada acara Fokus Group Discussion Forum Kerukunan Beragama "Bersama Merawat Kedamaian Karanganyar" di Gedung DPRD Kabupaten Karanganyar, Rabu (07/08/19).

Kapten Tohar menyampaikan, UU No : 34 tahun 2004 tentang TNI, tugas pokok TNI adalah Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OPSM), membantu tugas Pemerintah Daerah, membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka Tugas Kamtibmas yang diatur dalam Undang-Undang dan 4 Konsensus Dasar Negara Bhinneka tunggal Ika, UUD 45, NKRI, Pancasila.

Sejarahnya di jaman Majapahit dengan Patih Gajah Mada yang begitu hebatnya mempersatukan wilayah Nusantara ini dari Sabang sampai Merauke, kemudian sampai pulau - pulau luarpun menjadi bagian dari NKRI.

Setelah kerajaan runtuh di mulailah perjuangan - perjuangan oleh pemuda- pemuda kita dengan adanya sumpah pemuda, kebangkitan Budi Utomo dan lainnya, nah itulah munculnya Bhineka Tunggal Ika sampai saat ini.

Apakah Bhinneka Tunggal Ika bisa hancur, kita lihat ancaman global dari luar, instalasi militer ancaman tetap ada.

Kemudian proxywor, pengertian dari proxy wor adalah perang terselubung dimana salah satu pihak menggunakan orang lain atau pihak ketiga untuk melawan musuh. Dengan kata lain, proxy war artinya perang tidak tampak menggunakan cara-cara halus untuk menghancurkan dan mengalahkan lawan menggunakan pihak ketiga.

Dalam kehidupan bermasyarakat Bhinneka Tunggal Ika kami ada Trilogi kerukunan yang pertama kehidupan ummat beragama di semua agama harus rukun, kedua kerukunan hidup antar umat beragama, Islam dengan Kristen harus rukun dan seterusnya, ketiga antar umat agama dengan pemerintah, kita bersinergi, kita bersama - sama bersatu,”terang Tohar.

(Lam-Pendim 0727/Kra)