Tes Samapta Syarat UKP Bagi Prajurit

Posted by kodimkaranganyar on Agustus 22, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Dipimpin langsung oleh Pasipers Kodim 0727/Karanganyar Lettu Sugeng anggota Bintara dan Tamtama yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat 1 April 2020, bertempat di Alun - alun Kabupaten Karanganyar, Selasa (20/08/2019).

Pasipers menekankan kepada peserta, sebelum pelaksanaan test Kesegaran Jasmani seluruh peserta harus melaksanakan tensi untuk mengetahui kesehatan dan layak tidaknya peserta ikut samapta UKP.

Pelaksanaan Tensi agar peserta UKP dapat mengetahui dan menyesuaikan dengan kondisi fisik serta kesehatan personil yang akan melaksanakan tes, sebab kondisi fisik sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Maka sebelum melaksanakan tes perlu dan diharuskan untuk mengecek kesehatan oleh anggota kesehatan. Agar dalam pelaksanaan tidak terjadi kecelakaan, pusing atau terjatuh pada saat pelaksanaan lari samapta A atau samapta B.

Terdapat beberapa tahapan yang dilaksanakan dalam tes kesegaran jasmani tersebut adalah Samapta A yaitu lari dengan waktu 12 menit dinilai berdasarkan dengan kategori umur yang telah ditetapkan, serta Samapta B yang merupakan Pull Up selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit dan Shuttle Run lari angka delapan sebanyak 3 putaran secepat-cepatnya dinilai berdasarkan banyaknya jumlah pelaksanaan sesuai dengan kategori umur yang telah ditetapkan,”terangnya.

(Lam-Pendim 0727/Kra)