Peringatan hari Pramuka ke 58 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar

Posted by kodimkaranganyar on Agustus 22, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Upacara Peringatan hari pramuka ke 58, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar Tahun 2019, di halaman Kantor Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar Jln. Lawu No. 385 Komplek Perkantoran Cangakan Kabupaten Karanganyar. Kepala Staf Kodim 0727/Karanganyar Mayor inf Suwarko turut menghadiri Upacara tersebut. Selasa (20/8)

Sebagai Inspiktur Upacara Bupati Karanganyar Drs .H. Juliyatmono,MM mengatakan “Selamat Hari Pramuka ke-58 bagi segenap jajaran dan Keluarga Besar Gerakan Pramuka, mudah-mudahan Pramuka sebagai garda Gerakan terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa, akan dapat selalu berperan sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan Bangsa Indonesia, dalam mendidik generasi milineal dewasa ini.

Di era globalisasi saat ini yang ditandai dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan keprihatinan teknologi, kita dihadapkan pada akan banyaknya permasalahan kekinian dan keberlangsungan keutuhan mengancam negara dan bangsa Indonesia. Gerakan Pramuka yang menekankan pendidikan dan pembentukan karakter diharapkan dapat berperan sangat penting dalam menyikapi berbagai permasalahan tersebut. Dari mulai hadapi kita yang penyalahgunaan narkoba, masih adanya tawuran, hingga masih banyaknya sikap intoleransi penggunaan media sosial yang dipenuhi ujaran kebencian, kabar bohong dan pornografi yang harus kita tanggulangi bersama-sama.

Negara kita sangat kaya, bangsa yang beragam, bangsa yang mejemuk, 714 suku bangsa dan lebih dari 1.100 bahasa lokal kita punyai, dan itu harus kita syukuri. Gerakan contoh, berhasil Pramuka telah memberi bagaimana keberagaman yang ada justru dapat memperindah dan menyatukan semua anggota pramuka. Perbedaan agama, perbedaan ras, perbedaan suku dan golongan dalam Gerakan Pramuka semuanya bisa menyatu, semuanya bisa bermusyawarah, semuanya merasa bersaudara dengan semangat persatuan dan perdamaian. Selaras dengan semboyan negara kita Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetaplah satu jua.

Saya berpesan agar melalui Gerakan Pramuka akan dapat dipupuk semangat cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Jadilah Pramuka yang tetap berpegang teguh pada kode kehormatan Gerakan Pramuka, yang rela menolong, tabah, cinta tanah air, berani dan NKRI keutuhan mempertahankan siap dan Undang-undang berdasarkan Pancasila Dasar 1945. Siapkan Generasi Muda Praja Muda Karana untuk bersama seluruh komponen bangsa bersatu padu membangun keutuhan NKRI dan menciptakan dunia yang lebih baik. Tak lupa saya ucapkan selamat kepada beberrap Pengurus Kwartir cabang Karanganyar yang telah mendapatkan penghargaan atas darma baktinya bagi kemajuan Gerakan Pramuka di Kabupaten Karanganyar.

(Lam-Pendim 0727/Kra)