Pembinaan Ketahanan Pangan Korem 074/Warastratama

Posted by kodimkaranganyar on Juli 03, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Melalui pembinaan ketahanan pangan TNI AD siap mendukung pemerintah, dalam mewujudkan ketahanan pangan sebagai pilar perekonomian  bangsa dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di wilayah. Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andi Amin Latama, S.Sos. yang diwakili Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Supardi beserta Danramil jajaran Kodim Karanganyar mengikuti Pembinaan Ketahanan Pangan Korem 074/Warastratama Ta. 2019, di Gedung Warastratama Surakarta, Selasa (02/07/19).

Dalam hal ini sambutan Komandan Korem yang dibacakan Kepala Staf Korem Warastratama Letkol Inf Yudi Purwanto, “Sebagai insan yang beriman, marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita dapat mengikuti acara sosialisasi pembinaan ketahanan pangan dalam keadaan sehat wal’afiat.

Selaku Komandan Korem dan pribadi saya mengucapkan “Selamat Datang” kepada para peserta sosialisasi Pembinaan Ketahanan Pangan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan program pembinaan ketahanan pangan di wilayahnya masing-masing, sehingga dapat membantu program Pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan.
Pangan merupakan Komoditas yang sangat penting dan strategis bagi Bangsa Indonesia. Mengingat pangan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi setiap makhluk hidup, maka berbagai upaya telah dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, guna mencukupi kebutuhan pangan melalui program swasembada pangan.

“Tentunya dalam pelaksanaannya terdapat berbagai kendala diantaranya perubahan iklim atau pemanasan global yang berkepanjangan, keterbatasanlahan pertanian akibat pertumbuhan penduduk yang sangat pesat dan lajunya pembangunan yang tidak berbasis pada kelestarian alam dan pertanian, kelangkaan bibit, pupuk dan obat-obatan disertai dengan bencana alam. Sehingga menyebabkan terganggunya produktifitas pangan nasional.

Kendala tersebut harus menjadi perhatian dan dicarikan jalan keluar, sebagaimana yang telah dilaksanakan TNI-AD yaitu melalui program upsus ketahanan pangan. Dalam program ini peran Danramil serta Babinsa sangatlah penting sebagai pengawal dan pendamping petani, guna terwujudnya Swasembada Pangan.

Kegiatan yang digagas TNI bukan untuk mengambil alih tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Dinas Pertanian, namun bertujuan untuk menyukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan Presiden RI. Oleh karena itu, TNI selalu berperan melakukan pendampingan dan pembinaan sehingga dapat menjamin ketersediaan Logistik wilayah untuk kepentingan pertahanan Negara.

(Lam-Pendim 0727/Kra)