Turun Tangan Babinsa Desa Kaling Pantau Hama Tanaman Padi Petani

Posted by kodimkaranganyar on Juli 04, 2019 with No comments
Kodim Karanganyar - Sertu Medi Triwibowo Babinsa Koramil 02/Tasikmadu memantau padi, keluhan masyarakat yang berprofesi sebagai petani padi di wilayah Kecamatan Tasikmadu langsung mendapat respon dari Sertu Medi yang membawahi Desa Kaling Kecamatan Tasikmadu. Rabu (03/7)

Sertu Medi saat di areal persawahan Desa Kaling mengungkapkan pengecekan terhadap tanaman padi tersebut dilakukan setelah sebagian padi petani mengalami serangan hama wereng, dan juga walang sangit serta hama burung yang menyerang wilayah tersebut pada saat tanaman padi mulai berbuah.

Dampak serangan hama wereng pada sejumlah lahan milik petani berimbas sebagian tanaman padi milik petani pada saat padi mulai menguning dan kering sementara. Sebagian petani masih mempergunakan penyemprotan menggunakan pestisida untuk mengurangi dampak serangan hama wereng tersebut.

Pengecekan langsung ke lapangan dilakukan oleh Sertu Medi untuk mengetahui dampak serangan hama tersebut, selanjutnya akan berkoordinasi dengan penyuluh pertanian terkait pola penanganan serangan hama padi yang bisa berimbas pada produktiftas padi yang menurun.

“Sebagai anggota Babinsa kita lakukan berbagai upaya pendampingan ke petani dan juga kita melakukan koordinasi dengan pihak penyuluh, agar persoalan yang dihadapi bisa dicarikan solusi khususnya dalam pemberantasan hama tanaman,” paparnya.

(02-Pendim 0727/Kra)